tentang alergi perhiasan yang harus kamu ketahui

tentang alergi perhiasan yang harus kamu ketahui

tentang alergi perhiasan yang harus kamu ketahui


Reaksi alergi atau yang sering disebut “dermatitis kontak”, terjadi ketika kulit bersentuhan dengan logam tertentu yang ada pada perhiasan atau tindikan. Reaksi ini ditandai dengan munculnya ruam merah dan rasa gatal. Sebagian besar alergi perhiasan disebabkan oleh logam nikel, logam dasar untuk banyak perhiasan, dan kebanyakan orang yang memiliki riwayat kulit sensitif sangat menghindari produk yang mengandung nikel.

Alergi terhadap bahan perhiasan nikel menjadi alergi yang paling umum. Meskipun penyebab utama alergi ini belum dapat diketahui, namun alergi ini akan terus berkembang bila tubuh kamu cenderung memiliki sensitivitas terhadap nikel. Pada umumnya sistem kekebalan tubuh hanya akan melawan bakteri, virus, dan zat beracun lainnya. Namun, alergi yang disebabkan oleh nikel menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh membaca logam ini sebagai zat yang juga berbahaya. Tidak hanya pada logam nikel, hal ini juga dapat terjadi dengan logam lain, seperti emas.

Bagi kamu yang memiliki riwayat alergi terhadap jenis logam tertentu, penting untuk menghindari perhiasan maupun aksesoris lainnya yang mengandung jenis logam tersebut. Hal yang harus kamu ingat adalah perhiasan berlapis perak atau emas memiliki kandungan nikel di dalamnya dan setiap perhiasan emas kurang dari 24K, seperti emas putih, juga mengandung campuran logam untuk memberikan struktur pada emas murni. Berikut tips dalam menjaga kulit tetap aman dan nyaman selama pemakaian perhiasan:

1. Pilih perhiasan hipoalergenik (hypoallergenic)

Pastikan kamu selalu pilih perhiasan yang hipoalergenik (hypoallergenic), seperti Titanium, Platinum, Perak Murni, dan Emas 18K.  Hindari membeli perhiasan yang berlapis logam lain atau yang terbuat dari logam campuran seperti emas putih.

 

2. Kunjungi studio atau klinik tindik yang tersertifikasi

Selalu kunjungi studio atau klinik yang menyediakan layanan tindik di lingkungan yang bersih dan profesional. Pastikan selalu alat tindik yang digunakan berbahan stainless steel kelas bedah yang steril dan disegel. 



#drevoo #allergynoworry #antingtindik #antingwanita #antinganak #antingbayi #tindiksteril #tindikdewasa #tindikbayi #tindikanak #tindiktelinga #antingsteril 

tulis komentar

* Perlu diisi

Mohon diperhatikan: komentar harus melalui persetujuan sebelum dipublikasi.